Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik Adicipta Mediatama (Terakhir: 30 April 2014)

Seiring perkembangan bisnis PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang ditandai pesatnya ekspansi dan aktivitas investasi, maka banyak informasi baru yang perlu mendapatkan perhatian. Khususnya pada konteks perluasan pasar, ekspansi pabrik, dan penguatan manajemen korporasi.
Sehubungan hal tersebut Panitia Lomba Karya Tulis & Foto Jurnalistik ADICIPTA MEDIATAMA 2013/2014 memutuskan memperpanjang batas waktu pengumpulan naskah, agar materi baru dimaksud bisa memperkaya karya tulis & foto yang akan dilombakan. Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Agung Wiharto mengatakan, “ Semula, Panitia Lomba (PWI Jatim & PT Semen Indonesia/SMI) menetapkan batas waktu pengumpulan naskah paling lambat 1 Februari 2014. Mengingat banyaknya informasi baru terkait dinamika bisnis PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, maka batas akhir pengumpulan naskah diperpanjang hingga 30 April 2014 (cap pos)”.
Lomba Karya Tulis & Foto Jusnalistik ADICIPTA MEDIATAMA 2014 ini diperuntukkan bagi jurnalis (tulis dan foto) serta kalangan akademisi (staf pengajar dan mahasiswa dari level D3 – S3). Khusus peserta dari kalangan akademisi dibatasi hanya karya tulis dan sudah dimuat di media sosial (facebook, blog, dan sejenisnya) atau dimuat di jurnal/majalah kampus.
Lomba berhadiah total Rp195 juta ini dibagi dalam tiga kategori pemenang (Jurnalis Tulis, Jurnalis Foto, dan Akademisi Tulis) dengan komposisi masing-masing juara I, II, III, serta tiga juara harapan. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada pertengahan Mei 2014.
Khusus peserta Lomba Karya Tulis bisa memilih materi dari berbagai sisi disesuaikan dengan Thema Besar: “SEMEN INDONESIA, KINI DAN ESOK” Panitia membantu memberikan panduan, guna memudahkan mapping materi. Setidaknya terdapat empat angle utama terkait thema - yang bisa dipilih dan dikembangkan sebagai karya lomba. Panduan dibawah ini bersifat masukan saja, dan data pendukungnya bisa diperoleh dari Panitia Lomba.
Info lengkap tentang pelaksanaan lomba silahkan klik di www.semenindonesia.com, www.antarajatim.com, www.beritajatim.com, www.whatindonews.com dan www.kabarbisnis.com
Berikut panduan Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik Adi Cipta Mediatama 2013/2014 :
- Peluang SMI di bisnis semen kawasan ASEAN
- Potensi pasar (konsumsi) semen di kawasan ASEAN (negara-negara ASEAN sebagai kantong pasar terbesar)
- Suplai semen di pasar ASEAN (suplai dari negara ASEAN dan dari luar ASEAN - statistik)
- Posisi SMI di pasar ASEAN saat ini
- Prospek SMI di pasar semen ASEAN setelah akuisisi Thang Long Cement Vietnam
- Rencana (how to do) SMI memperkuat posisinya di pasar ASEAN (termasuk rencana akuisisi dan bangun pabrik di Myanmar dan di negara ASEAN lainnya)
- Strategi penguatan SMI di pasar ASEAN pasca diberlakukan ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015 (termasuk ketahanan SMI di pasar Indonesia bakal masuknya produk semen dari kawasan ASEAN)
- Penguatan SMI dalam bisnis semen di Indonesia
- Kondisi bisnis semen nasional saat ini dan prospeknya (supplay – demand)
- Posisi SMI dalam pertarungan bisnis semen saat ini, dan peluang pengembangannya
- Ancaman (kuatnya pesaing) terhadap posisi SMI dalam jangka menengah-pendek
- Strategi penguatan pasar SMI – eceran dan curah (termasuk penambahan jumlah pelabuhan khusus dan packing plant guna mendekatkan produk SMI ke pasar)
- Strategi penguatan pada aspek produksi (termasuk pembangunan pabrik baru dan pengembangan teknologi) – serta hambatan yang dihadapi (seperti aspek perizinan dan situasi masyarakat yang tidak kondusif/kontra investasi)
- Tinjauan atas kebijakan pemerintah yang dinilai menghambat percepatan bisnis properti, realestat, dan konstruksi nasional – korelasinya dengan bisnis semen
- Efektivitas dan efisiensi pengelolaan (aspek modernitas manajerial) SMI sebagai sebuah perusahaan (industri) semen, serta statusnya sebagai badan usaha milik negara (BUMN)
- Posisi SMI sebagai BUMN dan Investment Company
- Posisi SMI diantara 120 perusahaan BUMN (termasuk highlight financial SMI dalam tiga tahun terakhir/ 2011, 2012, 2013 dan prospek kinerja keuangannya di 2014)
- Performance SMI sebagai BUMN di Pasar Modal dan pergerakan saham SMI di bursa (sebaiknya dua tahun terakhir yakni 2012, 2013 – termasuk komparasi dengan kinerja saham perusahaan semen lainnya di bursa
- Pembentukan Strategi Holding (SMI) sebagai strategi penguatan bisnis dan investment company (termasuk sinergitas, dan devirsifikasi usaha pada produk lain terkait semen)
- Kinerja dan Strategi Bisnis Anak Perusahaan SMI
- Kinerja, peluang, dan strategi bisnis anak perusahaan (pilih salah satu: PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa dan Thang Long Cement Vietnam)
- Kondisi bisnis semen di wilayah pasar anak usaha perusahaan, dan posisi anak perusahaan (ditunjang angka suplai – demand) dan peluang pengembangannya
- Ancaman (kuatnya pesaing) terhadap posisi anak perusahaan dalam jangka menengah-pendek di wilayahnya
- Strategi penguatan pasar dan produksi anak perusahaan
- Tinjauan atas kebijakan pemerintah daerah yang dinilai menghambat percepatan bisnis properti, realestat, dan konstruksi– korelasinya dengan bisnis semen
- Efektivitas dan efisiensi pengelolaan anak perusahaan sebagai perusahaan (industri) semen
- Manfaat keberadaan Holding SMI terhadap bisnis anak perusahaan
- Tampilkan juga highlight financial anak perusahaan
Informasi lebih lanjut silahkan klik di bawah ini: